Cara mendidik anak agar berakhlakul karimah

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi seorang anak yang sholeh/sholehah yang berakhlakul karimah, pandai, cerdas, baik, lemah lembut dan berbakti kepada kedua orang tua dan sesama manusia yang bisa menjaga nama baik keluarga, agama dan negara.

Tetapi untuk mewujudkan keinginan yang mulia itu sebagai orang tua harus memiliki tips-tips mendidik anak yang baik dan benar mulai usia anak masih balita atau usia dini.

Cara mendidik anak agar berakhlakul karimah

Cara mendidik anak agar berakhlakul karimah

Tidak bisa di pungkiri dengan berkembangnya jaman yang semakin modern ini banyak anak-anak yang berani kepada orang tuanya dan sudah kehilangan akal sehat dan hati nuraninya.

Oleh karena itu di kesempatan ini saya tertarik untuk menulis sebuah artikel tentang cara mendidik anak agar berakhlakul karimah yang bisa menjadi kebanggaan orang tua di dunia dan bisa menyelamatkan kedua orang tuanya besok di akhirat.

Oke, langsung saja ini beberapa tips dari saya tentang cara mendidik anak yang baik dan benar versi admin zaujaty.id

1. Kuatkan ilmu agama mulai anak di usia dini.

ilmu agama sangatlah penting bagi seorang anak karena dengan memberikan ajaran ajaran agama akan membentuk seseorang yang mempunyai kepribadian yang baik.

apa lagi kalau kita seorang muslim sudah sepantasnya mendidik anak secara islami, kita bisa meneladani didikan rosullah kepada putra-putrinya.
karena tidak bisa di pungkiri banyak orang tua yang sudah gagal mendidik anak -anaknya sehingga anak-anaknya tumbuh menjadi seorang manusia yang bandel seolah-olah tidak mengerti dosa dan baik buruknya bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya, contohnya; seperti melakukan zina, mabuk-mabukan, mencuri dan perbuatan-perbuatan negatif lain.

Didik anak mulai usia balita untuk mengenal ilmu agama, nanti kalau sudah menginjak usia remaja kita bisa menitipkan anak-anak kita kepondok pesantren untuk memperdalami dan memperkuat ilmu agama(islam).
karena ilmu agama bisa menjadi pondasi hidup seorang anak nantinya apabila mereka sudah tumbuh dewasa, anak yang di bekali dengan ilmu agama insya allah hidupnya tidak akan menyimpang dari ajaran-ajaran agama dan negara.

2. Didik anak untuk bertawaduk, sopan santun kepada sesama manusia.

Yang kedua yakni ajari anak untuk selalu menghormati kepada sesama manusia, dan didik anak untuk selalu bertingkah rendah hati tidak sombong di mana pun dan dalam keadaan seperti apapun.

Dengan begitu ketika seorang anak mempunyai jiwa dan hati yang sopan santun, lemah lembut dengan otomatis anak tersebut akan terpandang mulai, dan akan memunculkan rasa kasih sayang dari pandangan orang-orang sekitarnya sehingga anak kita akan selalu di hormati oleh siapa paun dan dimana pun dia berada.

3. Jangan memanjakan anak

Sebagai orang tua sudah pasti saat cinta dan sangat sayang kepada anaknya, tetapi kita jangan terlalu memanjankan anak, jangan semua keinginan kita turuti agar kelak anak kita menjadi seseorang yang tangguh, tegar dalam kondisi yang bagaimanapun, kita harus melatih anak untuk hidup sederhana.

4. Pandai merayu anak untuk berfikir maju

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang anak yang cerdas dan pintar, tetapi untuk mewujudkan itu kita harus pandai merayu anak untuk berfikir maju dan giat belajar mulai dari usia dini, kita bisa mendidiknya dengan cara kita memberikan sebuah hadiah atas jerih payahnya, sebagai contoh, kita berjanji apabila sang anak mampu mendapatkan rangking 1 di sekolahnya atau mendapatkan nilai yang baik mengajinya kita akan memberikan sebuah hadiah kepadanya, dengan demikian anak tersebut akan tumbuh semangat belajar dan terus berfikir maju untuk mendapatkan keinginannnya.

5. Jangan membedakan kasih sayang dan perhatian kita kepada anak-anak

Sebagai orang tua kita harus adil dalam memberikan kasih sayang kepada anak-anak kita, jangan sampai membedakan satu sama lainnya, karena hal itu akan berakibat buruk dalam pertumbuhan sang anak sehingga mereka berfikir bahwa mereka di anak tirikan oleh orang tuanya sehingga mereka menjadi anak yang liar dan susah di nasehati.

6. Jangan terlalu keras dan mendidik

Sebagai orang tua kita harus pandai merayu seorang anak agar anak tersebut patuh dan nurut kepada kita, jangan sampai kita hilang kesbaran dalam mendidik seorang anak karena apabila kita terlalu keras dalam mendidik hal itu malah akan membuat mental dan berfikir sang anak drop, dan berakibat buruk dalam perkembangan dan pertumbuhan kedepannya.

Demikian artikel kali ini tentang cara mendidik anak agar berakhlakul karimah, semoga bermanfaat kurang lebihnya saya minta maaf, jangan lupa share artikel ini apabila menurut anda bermanfaat bagi orang lain. terima kasih.

Ingat, anak adalah titipan dari tuhan yang pantas kita jaga sebaik mungkin.

0 Response to "Cara mendidik anak agar berakhlakul karimah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel