Belajar Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Cabe Keriting Yang Baik Dan Benar

Desember 04, 2017
Pasti petani cabe di indonesia ini berharap agar tanaman cabe keriting mereka bisa berbuah lebat untuk meningkatkan hasil panennya, tapi untuk mewujudkan hal itu di perlukan teknik cara menanam dan merawat tanaman cabe yang baik dan benar.

Di kesempatan kali ini admin zaujaty.id, akan membahas tentang belajar cara menanam dan merawat tanaman cabe keriting yang baik dan benar agar para pembaca setia blog ini yang sedang ingin budidaya tanaman cabe bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah dan berbuah lebat.

Belajar  cara menanam dan merawat tanaman cabe keriting yang baik dan benar.

 
merawat pohon cabe berbuah lebat dan merawat pohon cabe keriting berbuah lebat

Berikut langkah-langkah dalam proses penanaman dan perawatan tanaman cabe keriting yang harus kita perhatikan:

1. Cara menanam tanaman cabe keriting yang baik

Dalam proses menanam cabe keriting ada beberapa teknik yang harus di perhatikan di antaranya,

 a. Jenis bibit tanaman cabe keriting yang unggul dan berkualitas

Pilihlah jenis bibit cabe keriting yang berkualitas baik dan unggul , usahakan memilih jenis bibit pohon cabe yang berpolybag.

Bibit cabe keriting berpolybag yang berkualitas tinggi akan mempercepat pertumbuhan tanaman cabe, sehingga pohon cabe akan tumbuh dengan subur dan sehat dan akan mampu memproduksi buah cabe merah yang lebat dan berkualitas.

 b. Persiapan lahan tanaman cabe keriting

Buatlah cangkulan lahan tanaman cabe keriting jenis cangkulan bedengan, karena cangkulan metode ini sangat cocok buat lahan budidaya tanaman cabe di musim hujan maupun di musim kemarau.

Berilah pupuk di dalam bedengan dengan cara belah tengah bedengan dan letakan pupuk tersebut di belahan tersebut kemudian kita tutup lagi bedengan seperti semula, untuk jenis pupuknya bisa pakai pupuk kandang atau pupuk jenis lainya.

 c. Proses pemlastikan bedengan

Setelah bibit dan lahan sudah siap, hal selanjutnya adalah proses pemlastikan bedengan sebelum proses penanaman di mulai.

Pemlastikan bertujuan agar tanah bedengan yang di jadikan lahan bercocok tanam pohon cabe itu tidak tumbuh rumput-rumput liar yang akan menganggu pertumbuhan pohon cabe nantinya dan akan memudahkan kita dalam proses perawatan tanaman cabe.

Untuk plastik yang di pakai bisa di beli di toko pertanian yang sudah di lubangi kiri kanan untuk tempat tanam pohon cabe, mintalah di buatkan ukuran yang standar untuk jarak pohon cabe satu ke pohon cabe lainnya.

Baca juga artikel kami tentang Tips menanam dan merawat tanaman cabe rawit yang benar dan cara menanam dan merawat pohon kopi dengan mudah

2. Cara merawat pohon cabe keriting yang benar

Setelah teknik proses penanaman selesai, langkah selanjutnya yakni proses merawat pohon cabe keriting yang benar agar tanaman cabe kita berbuah lebat dan menghasilkan panen yang maksimal.

Berikut tata cara merawat pohon cabe keriting yang benar

 a. Pemupukan tanaman cabe keriting

Mulailah memberikan pupuk ke batang pohon ketika usia tanaman cabe masih dini, hal ini akan mempercepat pertumbuhan tanaman sehingga pohon cabe tumbuh dengan sehat dan daun pohon cabe terlihat subur hijau dan lebat.

Untuk pemupukan tanaman di usia dini bisa dengan memberikan pupuk kocoran atau pupuk cair yang bertujuan agar pupuk tersebut cepat di makan oleh akar pohon sehingga tanaman cabe cepat mendapatkan perubahan dalam pertumbuhan.

Ketika pohon cabe keriting mulai berbuah berikan kembali pupuk penyubur tanaman yang bisa melebatkan buah pohon cabe, agar pohon cabe bisa maksimal dalam memproduksi buah cabe.

Pemupukan bisa di lakukan 3-4 kali mulai bibit di tanam dan sampai pohon cabe bisa di panen.

  b. Lenjeran untuk pohon cabe

Di usia pohon cabe mulai tumbuh besar jangn sampai lupa kita memberi lenjeran di setiap batang pohon cabe, di berinya lenjeran tersebut bertujuan agar pohon cabe tidak roboh ketika batang pohon sudah besar ketika terkena angin atau air hujan.

Untuk lenjerannya bisa kita buat dari bambu dengan cara yang sangat mudah yakni kita belah bambu kecil-kecil dengan lebar sekitar 2 jari tangan kita dengan tinggi 1 meteran, kemudian kita tancapkan ke setiap batang pohon cabe kemudian kita ikat dengan rafia atau tali pengikat lainnya.

  c. Pemangkasan ranting pohon cabe

Agar pohon cabe bisa tumbuh dengan besar dan tinggi jangan lupa kita pangkas ranting pohon cabe yang di bawah agar pohon cabe tumbuh ke atas tidak kesamping dan kita pangkas ranting-ranting pohon yang layu atau mati.

Mulailah pemangkasan ketika pohon cabe mulai bercabang.

  d. Penyemprotan tanaman cabe


Mulailah penyemrotan terhadap pohon cabe ketika tanaman mulai ada hama dan penyakit tanaman yang ingin menyerang pohon cabe, agar pohon cabe tetap tumbuh dengan sehat dan subur.

Penyemrotan bisa dilakukan 2 kali seminggu, dengan obat yang sesuai dengan hama atau jenis penyakit yang menyerang tanaman pohon cabe tersebut.

Demikian artikel kali ini tentang belajar cara menanam dan merawat tanaman cabe keriting yang baik dan benar, semoga bermanfaat bagi pembaca setia blog zaujaty yang sedang ingin budidaya tanaman cabe keriting dan semoga bisa mendapatkan hasil panen sesuai dengan yang di harapkan.
sekian dan terima kasih, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan atau penyampaiannya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

1 komentar so far

Sangat bermanfaat gan tutornya, semoga bermanfaat bagi yang lagi mencari makalah budidaya cabe keriting


EmoticonEmoticon