Tanaman KOPI: Cara Mudah Menanam Dan Merawat Pohon Kopi Agar Berbuah Lebat Dengan Hasil Panen Yang Melimpah

Di dalam artikel ini saya akan membahas tentang Tanaman KOPI: Cara mudah Menanam dan Merawat Pohon Kopi agar bisa berbuah Lebat dengan hasil Panen yang Melimpah.

Taukah Anda. . . ? ? ?

Bahwasanya tidak ada tanaman pohon kopi yang bisa berbuah lebat yang mampu menghasilkan produksi buah kopi yang maksimal tanpa adanya tata cara perawatan tanaman pohon kopi yang baik dan benar.

Petani kebun kopi yang sukses pasti melakukan perawatan yang baik dan benar, toh itu dari jenis tanaman kopi apapun, mulai dari jenis kopi robusta, arabika, coklat atau jenis tanaman kopi lainnya pasti mereka memerlukan perawatan yang extra sehingga tanaman kopi mereka bisa tumbuh dengan subur bisa menghasilkan buah kopi yang super lebat dengan hasil panen yang melimpah.

Tanaman KOPI: Cara mudah Menanam dan Merawat Pohon Kopi agar berbuah Lebat dengan hasil Panen yang Melimpah.

gambar kopi berbuah lebat

Pasti sering muncul pertanyaan semacam ini dalam benak kita.

 " Kenapa Tanaman POHON KOPI saya tidak bisa berbuah lebat. . . ??? "

 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa tanaman pohon kopi kita tidak mampu memproduksi buah kopi yang maksimal di antaranya:

 a. Bibit tanaman pohon kopi yang tidak unggul

 b. Pohon kopi belum di stek atau di sambung

 c. Perawatan yang kurang maksimal

 d.  Pemilik kebun yang pemalas


Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa tanaman pohon kopi kita tidak bisa berbuah lebat.


Diantara 4 faktor tersebut faktor yang paling bahaya adalah faktor yang terakhir yakni pemilik kebun kopi yang pemalas, kalau kita bermalas-malasan dalam merawat tanaman pohon kopi kita, janganlah mengharapkan pohon kopi bisa berbuah lebat dengan hasil panen yang melimpah.

Karena dalam budidaya tanaman kopi di butuhkan perawatan tanaman kopi yang telaten, sabar, baik dan benar, agar pohon kopi bisa menghasilkan panen yang maksimal.

Oleh karena itu mari kita bersungguh-sungguh dalam budidaya tanaman kopi dengan cara memperhatikan langkah-laangkah perawatan tanaman kopi dengan baik dan benar.

Mari kita pelajari tentang tanaman kopi dari segi penanaman hingga segi perawatan yang benar agar hasil panen bisa sesuai dengan yang kita harapkan.

1. Cara Menanaman Pohon Kopi

Ada beberapa langkah yang harus kita perhatikan dalam proses penanaman pohon kopi diantaranya,

 a. Jenis tananam kopi dan Kualitas bibit tanaman.

Ada banyak jenis tanaman kopi di indonesia ini mulai dari jenis kopi arabika, robusta, coklat dan masih banyak jenis tanaman kopi lainnya, tapi yang harus di perhatikan adalah jenis tanaman kopi manakah yang cocok dengan jenis tanah dalam perkebunan kita.

Misal memilih jenis tanaman kopi yang cocok di budidaya di daerah dataran rendah dan di daerah dataran tinggi.

Pilihlah bibit kopi yang berkualitas unggul, sehat dan subur.

 b. Jarak tanaman pohon kopi satu dengan pohon kopi lainnya.

Ambil lah jarak yang standar yang tidak terlalu dekat dan terlalu jauh, agar ranting pohon antara pohon satu dengan lainya tidak bertumpukan, agar ranting pohon masing-masing terkena sinar matahari.

Untuk ukuran jarak pohon kopi antara pohon satu dengan pohon kopi lainnya biasanya berukuran 2 m, ini adalah ukuran yang standar untuk budidaya tanaman kopi.

 c. Cangkulan tanah lahan perkebunan

Sebelum melakukan penanaman sebaiknya anda melakukan proses pecangkulan lahan perkebunan terlebih dahulu dengan tujuan agar tanah kebun bisa gembur yang akan memudahkan akar pohon kopi untuk menjalar ke tanah yang lebih dalam sehingga tanaman tanaman pohon kopi nantinya bisa tumbuh dengan sehat dan subur.

Untuk anda yang baru atau masih pemula yang ingin membangun budidaya tanaman kopi saya sarankan membaca makalah-makalh tentang pengertian cara tanam dan perawatan tanaman pohon kopi yang bisa anda cari di google atau langsung menanyakan kepada petani yang sudah berpengalaman di bidang perkebunan tanaman kopi sebelum anda memulai dalam proses penanaman.

2. Cara Merawat Pohon Kopi

Untuk perawatan tanaman pohon kopi silahkan simak langkah-langkah berikut.

cara merawat tanaman kopi

 a. Cangkulan lahan tanaman kopi

Ada 2 jenis cangkulan dalam merawat tanaman kopi yakni cangkulan di musim hujan dan cangkulan di musim kemarau.

  - Cangkulan di musim hujan
Cangkulan di musim hujan di lakukan dengan cara mencangkul tanah di sekitar batang pohon dengan membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di area batang pohon yang bertujuan agar tanah batang pohon kopi bisa tuntas dari air hujan tidak tergenang ketika air hujan menguyur tanaman kopi tersebut.

  - Cangkulan di musim kemarau
Untuk cangkulan kemarau di lakukan dengan cara mencangkul daerah batang pohon yang kemudian tanah cangkulan tersebut kita letakan di dekat batang pohon dengan tujuan agar pohon kopi tetap subur tidak layu ketika datang panasnya sengatan sinar matahari yang menyinari pohon kopi tersebut.

Dan berilah cangkulan lubang di tengah-tengah antara jarak pohon kopi satu dengan lainya, lubang ini bertujuan untuk tempat pupuk dan tempat air hujan.

 b. Melakukan Penyetekan pada pohon kopi

Penyetekan atau penyambungan pada pohon kopi bertujuan agar pohon kopi tumbuh tidak terlalu tinggi dan agar pohon kopi bisa berbuah lebat sehingga bisa meningkatkan hasil panen pada tanaman pohon kopi.

Untuk anda yang belum mengerti tentang cara stek pohon kopi, silahkan anda baca artikel berikut STEK KOPI: Rangkuman Cara Sambung Pohon Kopi Yang Mudah Dan Benar

 c. Pemupukan tanaman kopi

Pemupukan menjadi hal yang wajib kita lakukan agar tanaman pohon kopi kita tumbuh dengan sehat dan subur, dalam proses pemupukan pohon kopi bisa kita lakukan dengan 2-3 kali pertahunnya, yakni ketika mulai datang musim hujan, ketika pohon kopi mulai berbuah dan ketika selesai panen.

Untuk pupuknya anda bisa mengunakan pupuk kandang atau bisa juga anda padukan dengan jenis pupuk lainnya yang mempunyai khasiat yang baik bagi tanaman pohon kopi yang bisa di beli di toko pertanian terdekat.

 d. Penyemprotan tanaman kopi

Ketika anda sudah mencurigai adanya hama yang menyerang tanaman pohon kopi, segeralah lakukan penyemprotan kepada pohon kopi untuk untuk mencegahnya agar hama tidak menjalar ke pohon tanaman kopi lainya.

Untuk jenis obatnya sesuaikanlah dengan jenis hama yang menyerang tanaman kopi tersebut, yang bisa anda beli juga di toko pertanian terdekat.

 e. Pemangkasan ranting pohon kopi


pemangkasan tanaman kopi

Pemangkasan di lakukan dengan tujuan agar ranting pohon melakukan peremajaan ranting pohon yang baru setiap tahunnya agar ranting pohon bisa berbuah lebat dan bisa maksimal dalam produksinya.

Untuk caranya yaitu dengan membuang ranting pohon yang sudah tua yang tidak mampu memproduksi buah kopi yang maksimal dan membuang tunas-tunas muda yang tumbuh yang menganggu ranting pohon lainnya atau ranting balik dan juga memangkas tunas muda yang tumbuh di bawah area stekan yang akan menganggu produksi buah ranting pohon stekan.

Proses pemangkasan biasanya di lakukan setelah proses panen selesai, dan saya sangat sarankan apabila akan melakukan proses pemangkasan ini usahakan pikiran benar-benar fokus terhadap ranting pohon, jangan memikirkan ke hal yang lain, apa bila pikiran lagi sumpek atau lagi tidak fokus yang sarankan tunda dulu proses pemangkasan ini, karena bisa ber akibat fatal apabila kita tidak fokus terhadap ranting pohon, bisa-bisa kita salah pangkas dalam ranting pohon.
saya ingatkan lagi pangkaslah ranting pohon yang sudah tua atau ranting pohon yang sudah tidak mampu produksi buah yang maksimal, ingat jangan sampai salah.

Demikian artikel kali ini tentang tanaman kopi: cara mudah menanam dan merawat pohon kopi agar berbuah lebat dengan hasil panen yang melimpah, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanaman KOPI: Cara Mudah Menanam Dan Merawat Pohon Kopi Agar Berbuah Lebat Dengan Hasil Panen Yang Melimpah"

Posting Komentar