Cara Mudah Merawat Tanaman Jagung Agar Berbuah Besar

November 09, 2017
Sahabat Zaujaty.id, tanaman jagung memerlukan perawatan yang baik dan benar mulai dari tanaman jagung jenis hibrida/ pioneer, jagung manis maupun tanaman jagung jenis lainya untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dan tentunya dengan buah atau biji jagung yang besar.
nah di kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang artikel tutorial cara mudah merawat tanaman jagung agar berbuah besar, dan langkah-langkahnya sebagai berikut:

CARA MUDAH MERAWAT TANAMAN JAGUNG AGAR BERBUAH BESAR

cara merawat tanaman jagung yang baik dan benar, rawat tanaman jagung manis hibrida dan pioner, tips jitu merawat tanaman jagung di musim hujan


1. Cangkulan Lahan Tanaman Jagung

cangkulan yang baik dan benar sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhan tanaman jagung agar tanaman bisa tumbuh dengan subur, maka dari itu kita harus perhatikan kondisi cangkulan sebelum proses penanaman bibit jagung di mulai, dalam hal ini pastikan bahwa tanah cangkulan sudah gembur sudah layak untuk lahan penanaman, untuk metode cangkulan tanaman jagung biasanya ada dua metode yaitu cangkulan petakan dan cangkulan bedengan.
untuk cangkulan bedengan sangat cocok untuk lahan tanaman jagung di musim hujan untuk antisipasi turunnya air hujan agar tanaman jagung tidak terendam.

2. Pemilihan Bibit Tanaman Jagung

ada banyak jenis dari tanaman jagung mulai jagung manis, hibrida atau jenis bibit jagung lainya yang bisa kita tanam sesuai minat kita tapi hal yang paling utama adalah memilih bibit yang unggul yang sehat tidak berpenyakitan agar ketika bibit jagung sudah di tanam bibit tersebut cepat tumbuh dengan subur dengan batang pohon tanaman jagung yang besar-besar agar bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

3. Pemupukan Tanamn Jagung

pemupukan juga sangat di perlukan untuk kesuburan dan pertumbuhan tanaman jagung, usahakan pemupukan di lakukan mulai dari usia dini kira-kira mulai dari umur tanaman jagung sekitar setengah bulanan, agar tanaman jagung cepat besar dalam pertumbuhan, untuk pupuknya kita bisa pakai dari pupuk kandang atau pupuk organik atau non organik lainnya yang bisa kita beli di toko pertanian terdekat di sekitar kita, pemupukan bisa kita lakukan 3-4 kali mulai dari tanaman jagung masih kecil hingga tanaman jagung sudah mulai berbuah, kita perhatikan dalam pemberian pupuk sesuai dengan kebutuhan tanaman jagung saat itu, jangan sampai kita salah melakukannya.

4. Penyemprotan Tanaman Jagung

ketika daun jagung mulai ada hama yang menyerang hal yang harus kita lakukan yaitu melakukan penyemprotan kita harus basmi hama-hama tersebut, jangan biarkan atau jangan pelihara hama-hama tersebut yang bisa mengacam pertumbuhan tanaman jagung kita.
kita harus langsung melakukan pernyemprotan ketika hama sudah mulai menyerang tanaman jagung agar hama tidak menjalar atau menular ke pohon tanaman jagung lainnya.

5. Pembersihan Rumput Sekitar Batang Pohon Tanaman Jagung

usahakan tidak ada sedikitpun rumput liar yang tumbuh di kawasan area batang pohon yang akan merusak pertumbuhan tanaman, bersihkan selalu rumput-rumput liar yang akan tumbuh kalau lahan cangkulan tidak di lapisi dengan plastik kita bisa melakukan hal ini dengan mencangkul pelan-pelan di kawasan area batang pohon agar rumput-rumput liar bisa mati dan bisa mengemburkan kembali tanah cangkulan tersebut, agar tanaman jagung tetap dalam kondisi pertumbuhan yang subur.

Demikian artikel tentang Cara Mudah Merawat Tanaman Jagung Agar Berbuah Besar, kurang lebihnya saya minta maaf, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.


EmoticonEmoticon