image
3  Cara Pemangkasan Tanaman Pohon Kopi Yang Baik Dan Benar

3 Cara Pemangkasan Tanaman Pohon Kopi Yang Baik Dan Benar

Cara Pemangkasan Tanaman kopi- Dalam tata cara merawat pohon kopi yang baik dan benar di butuhkan teknik-teknik khusus, agar pohon kopi berbuah lebat agar untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Salah satunya teknik tersebut yaitu Cara pemangkasan tanaman kopi yang benar.

Tujuan dari pemangkasan tanaman kopi yakni untuk peremajaan ranting pohon agar pohon kopi tumbuh dengan subur sehingga mampu menghasilkan produksi buah yang lebat dan meningkatkan hasil panen yang melimpah tiap tahunnya.


3 Cara Pemangkasan Tanaman pohon kopi yang baik dan benar

cara pemangkasan tanaman kopi yang benar


Adapun macam-macam jenis pemangkasaan pohon kopi di antaranya:

1. Pemangkasan Ranting pohon kopi yang sudah tua

Pangkaslah ranting pohon yang sudah tua yang sudah tidak mampu memproduksi buah kopi yang lebat atau ranting pohon kopi yang sudah mulai kering/ mati.
karena hal ini sangat akan berpengaruh dalam proses pembuahan.

Biarkan ranting pohon yang masih muda tumbuh yang masih bisa memproduksi buah kopi yang maksimal agar tanaman pohon kopi kita bisa menghasilkan buah kopi yang lebat setiap masa panennya.

2. Pemangkasan cabang-cabang pohon kopi yang membalik

Buanglah semua cabang pohon kopi yang membalik yang tidak searah dengan cabang-cabang pohon kopi lain, buanglah semua cabang tersebut yang tidak perlu tumbuh yang akan menghambat pertumbuhan pembuahan cabang pohon primer.

Karena cabang balik akan menutupi cabang primer untuk mendapatkan sinar matahari sehingga akan menghampat produksi pembuahan cabang primer tersebut.

3. Pemangkasan tunas muda yang tumbuh di bawah area stekan atau sambungan

Tunas-tunas muda yang tumbuh di area bawah stekan juga harus kita pangkas atau kita buang, jangan sekali kali memeliharanya, karena tunas tersebut kelak besarnya tidak akan mampu memproduksi buah kopi yang baik, bahkan hanya akan menganggu pertumbuhan pohon kopi stekan saja.

Ketika ada tunas yang tumbuh di area bawah stekan dan kita biarkan tumbuh pasti pohon kopi stekan akan kekurangan vitamin sehingga pohon kopi stekan tersebut tumbuh dengan daun yang kurus dan ke kuning-kuningan , sebab pupuk yang kita berikan hanya akan tertuju ke pertumbuhan tunas tersebut.

Dan untuk anda yang masih belum paham tentang tata cara sambung atau stek kopi, silahkan anda baca postingan kami tentang STEK KOPI: Rangkuman Cara Sambung Pohon Kopi Yang Mudah Dan Benar dan untuk artikel tata cara perawatan pohon kopi silahkan baca postingan Tanaman KOPI: Cara Mudah Menanam Dan Merawat Pohon Kopi Agar Berbuah Lebat Dengan Hasil Panen Yang Melimpah 

Demikian artikel tentang 3 cara pemangkasan tanaman pohon kopi yang baik dan benar, semoga bermanfaat, dan semoga tanaman pohon kopi anda bisa berbuah yang lebat dengan mendapatkan hasil panen yang melimpah, terima kasih.

Tag; cara memangkas tanaman kopi dengan benar, cara merawat pohon kopi supaya berbuah lebat, langkah-langkah dalam budidaya tanaman kopi

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

Thanks gan, sangat bermanfaat tutornya

Balas